Breaking News

Minggu, 07 Juni 2015

PROGRAM KERJA KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS PERIKANAN



BAB I 
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Pendidikan adalah merupakan salah satu bentuk/ perwujudan perilaku masyarakat dalam melakukan suatu perubahan sehingga pendidikan mutlak sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan perbaikan. Perubahan dalam artian perbaikan pendidikan pada semua tingkat lapisan masyarakat perlu terus menerus ditumbuh-kembangkan sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Orientasi ini tentunya memiliki konsekwensi bahwa perubahan perilaku yang didasari dari perubahan pendidikan harus disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan dunia kerja (Dunia Industri/ Dunia Usaha) bagi setiap lulusan dalam dunia pendidikan, sehingga tujuan yang diharapkan yaitu tamatan/ lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peluang yang besar untuk memasuki lapangan kerja serta memiliki bekal yang kuat dalam melakukan usaha mandiri.

Dalam mewujudkan pemikiran tersebut di atas penambahan Unit Sekolah Baru (USB), khususnya sekolah kejuruan merupakan salah satu jawaban dalam mengatasi perubahan tersebut. Sesuai kebijakan otonomi daerah, maka dukungan yang nyata dan aktif dari dinas terkait dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan sangat berarti bagi terwujudnya SMK Kelautan Dan Perikanan Lembar sebagai unit sekolah baru yang apada saatnya nanti, baik langsung ataupun tidak langsung akan mendukung akselerasi peningkatan IPM dan PAD Kabupaten Lombok Barat.

B.   Dasar
Program Kerja Program Keahlian Agribsnis Perikann tahun diklat 2015/2016 dibuat berdasarkan pada :
·         Kebijakan-kebijakan Dit. PSMK,
·         Kurikulum Standar Kompetensi Nasional,
·         Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lombok Barat dalam Pembinaan dan Pengembangan SMK,
·         Visi dan Misi Sekolah,
·         Rencana dan Strategi Pengembangan Sekolah pada SMK Kelautan dan perikanan Lembar.



BAB II
TUJUAN


A.    Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan
Tujuan pendidikan menengah kejuruan  adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan ,kepribadian ,akhlak mulia , serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan  lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

B.    Visi  da Misi SMKN Kelautan Perikanan Lembar
Visi
Membentuk SMK yang berkualitas melalui peningkatan Sumber Daya Manusia yang disiplin dan berkualitas dalam prestasi dengan dilandasi Iman, Taqwa dan Akhlak yang mulia.

Misi SMKN Kelautan Perikanan Lembar
Ø  Menyelenggarakan program pendidikan dan latihan (Diklat) yang berorientasi pada Kurikulum  Standar Kompetensi Nasional (SKN)
Ø  Mengembangkan disiplin  dan kreatifitas secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
Ø  Mengembangkan kemampuan tenaga pendidik melalui pendidikan atau pelatihan.
Ø  Menumbuh-kembangkan keyakinan yang ada sesuai ajaran yang dianut sebagai dasar dalam bertindak

C.   Tujuan SMKN Kelautan Perikanan Lembar
Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan Pasal 15 UU SISDIKNAS, merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah sebagai berikut.
1.    Tujuan Umum
Ø  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ø  Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga Negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab;
Ø  Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;
Ø  Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien.
2.    Tujuan Khusus
Ø  Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam Kompetensi Keahlian yang dipilihnya;
Ø  Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
Ø  Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
Ø  Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan Kompetensi Keahlian yang dipilih.

3.     Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan
            Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan bertujuan untuk :
1.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik;
2.    Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab;
3.    Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni;
4.    Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam Program Keahlian Agribisnis Perikanan agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah;
5.    Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam Program Keahlian Agribisnis perikanan
6.    Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan.

4.    Standar Kompetensi Lulusan SMK
1.    Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.    Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3.    Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4.    Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5.    Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6.    Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7.    Menunjukkan  kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8.    Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9.    Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan  menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
24. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam Pembuatan wadah untuk budidaya ikan air tawar.
25. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam memproduksi pakan ikan buatan
26.  Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk melakukan kultur/ budidaya pakan alami.
27.  Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam melakukan pembenihan ikan air tawar baik secara alami maupun secara buata
28.  Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam melakukan pembesaran baik secara monokultur maupun secara polikultur
29.  Menerapkan dan mengembangkan analisis usaha dalam setiap kegiatan produksi sumber daya perairan.
30.  Menerapkan dan mengembangkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) pada kegiatan-kegiatan produksi sumber daya perairan.

5.    VISI DAN MISI PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS PERIKANAN

VISI
Memanfaatkan sumber daya program keahlian secara maksimal dan efisien  guna menghasilkan tamatan yang berkualitas dengan penguasaan kompetensi   sesuai standar, berperilaku professional serta berwawasan lingkungan hidup dalam menyongsong globalisasi.
MISI
·         Menyiapkan tenaga kerja terampil berkualitas serta profesional sesuia dengan standar kompetensi agribisnis perikanan
·         Menghasilkan tenaga kerja yang adatable terhadap perkembangan dunia Industri.
·         Menghasilkan tamatan yang memiliki Life skill sehingga mampu bekerja mandiri maupun menjadi tenaga kerja di Industri.
·         Menghasilkan tamatan yang berjiwa enterpreneur dan mampu bersaing di masyarakat.








































BAB III
PROGRAM KERJA 
PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS PERIKANAN

BIDANG 1. PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Penyesuaian Struktur sesuai kebutuhanUraian tugas yang jelas, lengkap dan pendistribusiaannya kepda seluruh sumber daya manusia
Inventarisasi personal  & tugasMembuat struktur organisasi program keahlian  Penempatan personil sesuai tugas dan tanggung jawab
Organaiusasi programStrruktur organisasi program keahlian
2
Adanya mekanismse  kerja yang jelas, praktis di program kesahlianAdanya rencana kerja tahunan yang terlaksana
Menyusun program, mekanisme kerja serta pelaksanaan di program keahlianMelaksanakan rencana kerja tahunan sesuai kegiatan dan jadwal
Mekanisme kerja yang sederhana jelas & praktisKetercapaian pelaksanaan rncana kerja
3
Evaluasi pelaksanaan job diskripsion& struktur organisasi perperiode
v  Mengevaluasi pelaksanaan job diskription dan struktur organisasi
SDM program keahlian Agribisnis perikanan
4
Adanya format adaministrasi di jurusan
v  Menyiapkan format administrasi jurusan Agribisnis perikanan
Administrasi program keahlian

BIDANG : 2. PENGEMBANGAN PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR ( PBM )
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Melengkapi dokumen hasil validasi kurikulum
Validasi kurikulu
Profil kemampuanKurikulum yang sudah sesuai
2
Koordinasi tugas yang sesuai dengan profesinya.
Rapat koordinasi dan pembagian tugas
GuruSDM  Agribisnis perikanan
3
Melibatkan semua personil dalam penyusunan program KBM
Menyusun program KBM.Menyusun program praktik sesuai mata diklat dikelasMembuat rincian keperluan
GuruSDM Agribisnis perikanan
4
Pelaksanaan program KBM
Melaksanakan program KBMPengadaan alat dan bahan praktekMelaaksanakan program praktikPemantapan KBM
GuruSDM Agribisnis perikanan
5
Supervisi KBM
Supervisi administrasi guru
GuruSDM Agribisnis perikanan

BIDANG  : 3. PENGEMBANGAN KESISWAAN
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Kesesuaian kegiatan ekstra kurikuler
Menginterprestasikan kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanaka
GuruSiswa program Agribisnis perikanan
2
Penyusuna program ekstra  kurikuler
Menyusun program ekstra kurikuler produktifMeelaksnakan ektra kurikuler program produktif
Guru Siswa program Agribisnis perikanan
3
Pelaksanaan bimbingan karir
Merencanakan bimbingan karir bagi siswa.Mengikutsertakan  siswa dalam KIR serta lomba lomba lainnya
GuruSiswa program Agribisnis perikanan


BIDANG : 4. PENGEMBANGAN LINGKUNGAN
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Perencanaan penataan lingkungan dan fasilitas
Merencanakan program  penataan lingkungan dan fasilitas
Warga program Agribisnis perikanan
2
Pelaksanaan penataan lingkungan dan fasilitas
Melaksanakan penataan lingkungan dan fasilitas
Warga program Agribisnis perikanan
3
Evaluasi per periode
Mengevaluasi rencana dan pelaksanaannya per periode guna perbaikan lkebih lanjut
Warga program Agribisnis perikanan

BIDANG  : 5. PENGEMBANGAN FASILITAS
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Usulan perbaikan dan perawatan fasilitas
Membuat usulan perbaikan dan perawatan fasilitasMembuat jadwal perbaikan dan perawatan fasilitas
Peralatan dan perabot  program Agribisnis perikanan
2
Melaksanakan perbaikan dan perawatan serta penataan fasilitas
Pelaksanakan perbaikan dan perawatan fasillitas
Instalasi , Gudang pakan, ruang penetasan, ruang peralatan dan kandang
3
Mengadakan alat kantor dan praktik
Mengadakan alat kantor dan prakti
Peralatan kantor dan praktik




BIDANG : 6. PENINGKATAN PEMBIAYAAN / UNIT PRODUKSI
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Penyusunan RAB
Menyusun RAB Jurusan
RAB Program Keahliuan
2
Pencairan dana
Mencairkaan dana sesusai RAB
Dana yang memadai
3
Evaluasi Penggunaan dana
Mengevaluasi penggunaan dana sesuai RAB
Standar penggunaan dana yangs sesusai RAB
4
Perencanaan Unit produksi program Agribisnis perikanan
Merencanakan dan melaksanakan Unit Produksi
GuruSiswa Warga program Agribisnis perikanan

BIDANG : 7. PENGEMBANGAN KETENAGAAN
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Pendelegasian tugas dan tanggung jawab
Mendelegasikan tugas dan tanggung jawab sesuai minat, kemampuan & kualitas masing – masing SDM yang ada
SDM Agribisnis perikanan
2
Diskusi secara terbuka dan berkala
Mengadakan diskusi secara terbuka dan dilaksanakan secara berkala mengenai tugas dan tanggung jawab masing – masing SDM guna menginventarisir masalah dan alternative pemecahannya
SDM Agribisnis perikanan
3
Rencana magang dan penataran guru
Mernyusun rencana magang guru ke DU / DIMenyusun usulan calon peserta penataran ke Direktorat / PPPG
GuruSDM ,Siswa Agribisnis perikanan
BIDANG : 8. HUBUNGAN KERJA INDUSTRI
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Kerja sama DU/DI untuik tempat siswa prakerin
Meninventarisasi DU/DI dan mengadakan kontrak kerja sama saling mendukung
DU/DI, IP dan Unit produksi sekolah
2
Program Prakerin
Membuat program dan jadwal prakerin
Siswa  Agribisnis perikanan
3
Pelaksanaan program prakerin
Melaksanakan program prakerin /PSG
Siswa Agribisnis perikanan

BIDANG : 9. PENINGKATAN HUBUNGAN KEKELUARGAAN DAN KOORDINASI
No
Tujuan
Uraian Kegiatan
Sasaran dan target
1
Mengadakaan pertemuan rutin
Pertemuan rutin
Warga program keahlian
2
Mengadakan olah raga bersama
Olah raga bersama secara rutin
Warga program keahlian
3
Mengadakan study banding / study tour
Study banding duiupayakan setiap tahun
Warga program keahlianPersonil












BAB IV
PENUTUP



A.   KESIMPULAN

Program kerja ini berisi sembilan bidang yaitu : Pengembangan organisasi dan manajemen , Pengembangan proses belajar dan mengajar ( pbm ), Pengembangan kesiswaan, Pengembangan lingkungan, Pengembangan fasilita, Peningkatan pembiayaan / unit produksi, Pengembangan ketenagaan , Hubungan kerja industri ,  Peningkatan hubungan kekeluargaan dan koordinasi
   Demi keterlaksanaan program ini, maka diharapkan selalu ada koordinasi antara Staf Pimpinan sehingga keserasian dan keterpaduan kegiatan dari masing-masing unit kerja akan memperlancar dalam pencapaian tujuan sekolah.


B.   SARAN

Mengingat bahwa Program Kerja ini  sebagai pedoman, maka diharapkan kepada semua warga sekolah terutama Ketua program  dapat menjabarkan program ini menjadi program yang operasional pada unit kerjanya masing-masing.


C.   TINDAK LANJUT

Operasional pelaksanaan kegiatan yang diprogramkan ini didasarkan pada situasi, kondisi dan kemampuan sekolah dengan memperhatikan skala prioritas. Apabila kegiatan yang diprogramkan ini tidak dapat terlaksana, maka akan diprogramkan lagi pada tahun berikutnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMKN 1 LEMBAR, Email: smknegerisatulembar@yahoo.com (Jl. Datu Kedaro, Lembar, Lombok Barat, NTB)