BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah merupakan salah
satu bentuk/ perwujudan perilaku masyarakat dalam melakukan suatu perubahan
sehingga pendidikan mutlak sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan
perbaikan. Perubahan dalam artian perbaikan pendidikan
pada semua tingkat lapisan masyarakat perlu terus menerus ditumbuh-kembangkan
sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Orientasi ini tentunya memiliki
konsekwensi bahwa perubahan perilaku yang didasari dari perubahan pendidikan harus
disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan dunia kerja (Dunia Industri/ Dunia
Usaha) bagi setiap lulusan dalam dunia pendidikan, sehingga tujuan yang
diharapkan yaitu tamatan/ lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki
peluang yang besar untuk memasuki lapangan kerja serta memiliki bekal yang kuat
dalam melakukan usaha mandiri.
Dalam mewujudkan pemikiran tersebut di atas
penambahan Unit Sekolah Baru (USB), khususnya sekolah kejuruan merupakan salah
satu jawaban dalam mengatasi perubahan tersebut. Sesuai
kebijakan otonomi daerah, maka dukungan yang nyata dan aktif dari dinas terkait
dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan sangat berarti bagi terwujudnya SMK Kelautan
Dan Perikanan Lembar sebagai unit sekolah baru yang apada saatnya nanti, baik
langsung ataupun tidak langsung akan mendukung akselerasi peningkatan IPM dan
PAD Kabupaten Lombok Barat.
B. Dasar
Program Kerja Program Keahlian Agribsnis Perikann
tahun diklat 2015/2016 dibuat berdasarkan pada :
·
Kebijakan-kebijakan
Dit. PSMK,
·
Kurikulum
Standar Kompetensi Nasional,
·
Kebijakan
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lombok Barat dalam
Pembinaan dan Pengembangan SMK,
·
Visi
dan Misi Sekolah,
·
Rencana
dan Strategi Pengembangan Sekolah pada SMK Kelautan dan perikanan Lembar.
BAB II
TUJUAN
A. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan
Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan
,kepribadian ,akhlak mulia , serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai
dengan kejuruannya.
B.
Visi da Misi SMKN Kelautan
Perikanan Lembar
Visi
Membentuk SMK yang
berkualitas melalui peningkatan Sumber Daya Manusia yang disiplin dan
berkualitas dalam prestasi dengan dilandasi Iman, Taqwa dan Akhlak yang mulia.
Misi SMKN Kelautan
Perikanan Lembar
Ø
Menyelenggarakan program pendidikan dan latihan (Diklat)
yang berorientasi pada Kurikulum Standar
Kompetensi Nasional (SKN)
Ø Mengembangkan disiplin dan kreatifitas secara intensif kepada
seluruh warga sekolah.
Ø Mengembangkan kemampuan tenaga pendidik
melalui pendidikan atau pelatihan.
Ø Menumbuh-kembangkan keyakinan yang ada
sesuai ajaran yang dianut sebagai dasar dalam bertindak
C.
Tujuan SMKN
Kelautan Perikanan Lembar
Sekolah
menengah kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana
ditegaskan dalam penjelasan Pasal 15 UU SISDIKNAS, merupakan pendidikan
menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang
tertentu. Tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah
sebagai berikut.
1.
Tujuan
Umum
Ø Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ø Mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi warga Negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab;
Ø Mengembangkan potensi peserta didik agar
memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya
bangsa Indonesia;
Ø Mengembangkan potensi peserta didik agar
memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut
memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya
alam dengan efektif dan efisien.
2.
Tujuan
Khusus
Ø Menyiapkan peserta didik agar menjadi
manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada
di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai
dengan kompetensi dalam Kompetensi Keahlian yang dipilihnya;
Ø Menyiapkan peserta didik agar mampu
memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan
kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang
diminatinya;
Ø Membekali peserta didik dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian
hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
Ø Membekali peserta didik dengan
kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan Kompetensi Keahlian yang dipilih.
3.
Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis
Perikanan
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan bertujuan
untuk :
1. Meningkatkan keimanan
dan ketaqwaan peserta didik;
2. Mendidik peserta didik
agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab;
3. Mendidik peserta didik
agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni;
4. Mendidik peserta didik
dengan keahlian dan keterampilan dalam Program Keahlian Agribisnis Perikanan agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi
lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga
kerja tingkat menengah;
5. Mendidik peserta didik
agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional
dalam Program Keahlian Agribisnis
perikanan
6. Membekali peserta didik
dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk
melanjutkan pendidikan.
4.
Standar Kompetensi
Lulusan SMK
1. Berperilaku sesuai
dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri
secara optimal dengan
memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap
percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4. Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan
informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan
mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap
kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11. Menunjukkan kemampuan
menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan
secara produktif dan bertanggung jawab
13. Berpartisipasi dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah
Negara Kesatuan Republik Indonesia
14. Mengekspresikan diri
melalui kegiatan seni dan budaya
15. Mengapresiasi karya seni
dan budaya
16. Menghasilkan karya
kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan
keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan
tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan
kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20. Menghargai adanya
perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan
membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan
menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai kompetensi
program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja
maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
24. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam Pembuatan wadah untuk
budidaya ikan air tawar.
25. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam memproduksi pakan ikan
buatan
26. Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan untuk melakukan kultur/ budidaya pakan alami.
27. Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan dalam melakukan pembenihan ikan air tawar baik secara alami maupun
secara buata
28. Menerapkan dan mengembangkan
kemampuan dalam melakukan pembesaran baik secara monokultur maupun secara
polikultur
29. Menerapkan dan mengembangkan
analisis usaha dalam setiap kegiatan produksi sumber daya perairan.
30. Menerapkan dan mengembangkan
Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) pada kegiatan-kegiatan
produksi sumber daya perairan.
5.
VISI DAN MISI PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS PERIKANAN
VISI
Memanfaatkan sumber daya program keahlian
secara maksimal dan efisien guna menghasilkan tamatan yang berkualitas
dengan penguasaan kompetensi sesuai standar, berperilaku
professional serta berwawasan lingkungan hidup dalam menyongsong globalisasi.
MISI
·
Menyiapkan
tenaga kerja terampil berkualitas serta profesional sesuia dengan standar
kompetensi agribisnis perikanan
·
Menghasilkan
tenaga kerja yang adatable terhadap perkembangan dunia Industri.
·
Menghasilkan
tamatan yang memiliki Life skill sehingga mampu bekerja mandiri maupun menjadi
tenaga kerja di Industri.
·
Menghasilkan
tamatan yang berjiwa enterpreneur dan mampu bersaing di masyarakat.
BAB III
PROGRAM KERJA
PROGRAM KEAHLIAN AGRIBISNIS
PERIKANAN
BIDANG 1.
PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Penyesuaian
Struktur sesuai kebutuhanUraian tugas yang jelas, lengkap dan pendistribusiaannya
kepda seluruh sumber daya manusia
|
Inventarisasi
personal & tugasMembuat struktur organisasi program keahlian
Penempatan personil sesuai tugas dan tanggung jawab
|
Organaiusasi
programStrruktur organisasi program keahlian
|
2
|
Adanya
mekanismse kerja yang jelas, praktis di program kesahlianAdanya rencana
kerja tahunan yang terlaksana
|
Menyusun
program, mekanisme kerja serta pelaksanaan di program keahlianMelaksanakan
rencana kerja tahunan sesuai kegiatan dan jadwal
|
Mekanisme
kerja yang sederhana jelas & praktisKetercapaian pelaksanaan rncana kerja
|
3
|
Evaluasi
pelaksanaan job diskripsion& struktur organisasi perperiode
|
v
Mengevaluasi pelaksanaan job diskription dan struktur organisasi
|
SDM
program keahlian Agribisnis
perikanan
|
4
|
Adanya
format adaministrasi di jurusan
|
v
Menyiapkan format administrasi jurusan Agribisnis perikanan
|
Administrasi
program keahlian
|
BIDANG : 2. PENGEMBANGAN
PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR ( PBM )
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Melengkapi
dokumen hasil validasi kurikulum
|
Validasi
kurikulu
|
Profil
kemampuanKurikulum yang sudah sesuai
|
2
|
Koordinasi
tugas yang sesuai dengan profesinya.
|
Rapat
koordinasi dan pembagian tugas
|
GuruSDM
Agribisnis perikanan
|
3
|
Melibatkan
semua personil dalam penyusunan program KBM
|
Menyusun
program KBM.Menyusun program praktik sesuai mata diklat dikelasMembuat
rincian keperluan
|
GuruSDM
Agribisnis perikanan
|
4
|
Pelaksanaan
program KBM
|
Melaksanakan
program KBMPengadaan alat dan bahan praktekMelaaksanakan program
praktikPemantapan KBM
|
GuruSDM
Agribisnis perikanan
|
5
|
Supervisi
KBM
|
Supervisi
administrasi guru
|
GuruSDM Agribisnis perikanan
|
BIDANG
: 3. PENGEMBANGAN KESISWAAN
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Kesesuaian
kegiatan ekstra kurikuler
|
Menginterprestasikan
kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanaka
|
GuruSiswa
program Agribisnis perikanan
|
2
|
Penyusuna
program ekstra kurikuler
|
Menyusun
program ekstra kurikuler produktifMeelaksnakan ektra kurikuler program
produktif
|
Guru
Siswa program Agribisnis perikanan
|
3
|
Pelaksanaan
bimbingan karir
|
Merencanakan
bimbingan karir bagi siswa.Mengikutsertakan siswa dalam KIR serta lomba
lomba lainnya
|
GuruSiswa
program Agribisnis perikanan
|
BIDANG : 4. PENGEMBANGAN
LINGKUNGAN
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Perencanaan
penataan lingkungan dan fasilitas
|
Merencanakan
program penataan lingkungan dan fasilitas
|
Warga
program Agribisnis perikanan
|
2
|
Pelaksanaan
penataan lingkungan dan fasilitas
|
Melaksanakan
penataan lingkungan dan fasilitas
|
Warga
program Agribisnis perikanan
|
3
|
Evaluasi
per periode
|
Mengevaluasi
rencana dan pelaksanaannya per periode guna perbaikan lkebih lanjut
|
Warga
program Agribisnis perikanan
|
BIDANG
: 5. PENGEMBANGAN FASILITAS
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Usulan
perbaikan dan perawatan fasilitas
|
Membuat
usulan perbaikan dan perawatan fasilitasMembuat jadwal perbaikan dan
perawatan fasilitas
|
Peralatan
dan perabot program Agribisnis
perikanan
|
2
|
Melaksanakan
perbaikan dan perawatan serta penataan fasilitas
|
Pelaksanakan
perbaikan dan perawatan fasillitas
|
Instalasi
, Gudang pakan, ruang penetasan, ruang peralatan dan kandang
|
3
|
Mengadakan
alat kantor dan praktik
|
Mengadakan
alat kantor dan prakti
|
Peralatan
kantor dan praktik
|
BIDANG
: 6. PENINGKATAN PEMBIAYAAN / UNIT PRODUKSI
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Penyusunan
RAB
|
Menyusun
RAB Jurusan
|
RAB
Program Keahliuan
|
2
|
Pencairan
dana
|
Mencairkaan
dana sesusai RAB
|
Dana
yang memadai
|
3
|
Evaluasi
Penggunaan dana
|
Mengevaluasi
penggunaan dana sesuai RAB
|
Standar
penggunaan dana yangs sesusai RAB
|
4
|
Perencanaan
Unit produksi program Agribisnis perikanan
|
Merencanakan
dan melaksanakan Unit Produksi
|
GuruSiswa
Warga program Agribisnis perikanan
|
BIDANG : 7. PENGEMBANGAN
KETENAGAAN
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Pendelegasian
tugas dan tanggung jawab
|
Mendelegasikan
tugas dan tanggung jawab sesuai minat, kemampuan & kualitas masing –
masing SDM yang ada
|
SDM
Agribisnis perikanan
|
2
|
Diskusi
secara terbuka dan berkala
|
Mengadakan
diskusi secara terbuka dan dilaksanakan secara berkala mengenai tugas dan
tanggung jawab masing – masing SDM guna menginventarisir masalah dan
alternative pemecahannya
|
SDM
Agribisnis perikanan
|
3
|
Rencana
magang dan penataran guru
|
Mernyusun
rencana magang guru ke DU / DIMenyusun usulan calon peserta penataran ke
Direktorat / PPPG
|
GuruSDM
,Siswa
Agribisnis perikanan
|
BIDANG : 8. HUBUNGAN KERJA
INDUSTRI
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Kerja
sama DU/DI untuik tempat siswa prakerin
|
Meninventarisasi
DU/DI dan mengadakan kontrak kerja sama saling mendukung
|
DU/DI,
IP dan Unit produksi sekolah
|
2
|
Program
Prakerin
|
Membuat
program dan jadwal prakerin
|
Siswa
Agribisnis perikanan
|
3
|
Pelaksanaan
program prakerin
|
Melaksanakan
program prakerin /PSG
|
Siswa
Agribisnis perikanan
|
BIDANG
: 9. PENINGKATAN HUBUNGAN KEKELUARGAAN DAN KOORDINASI
No
|
Tujuan
|
Uraian
Kegiatan
|
Sasaran
dan target
|
1
|
Mengadakaan
pertemuan rutin
|
Pertemuan
rutin
|
Warga
program keahlian
|
2
|
Mengadakan
olah raga bersama
|
Olah
raga bersama secara rutin
|
Warga
program keahlian
|
3
|
Mengadakan
study banding / study tour
|
Study
banding duiupayakan setiap tahun
|
Warga
program keahlianPersonil
|
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Program kerja ini berisi sembilan bidang yaitu : Pengembangan
organisasi dan manajemen , Pengembangan
proses belajar dan mengajar ( pbm ), Pengembangan
kesiswaan, Pengembangan lingkungan, Pengembangan fasilita, Peningkatan pembiayaan /
unit produksi, Pengembangan ketenagaan , Hubungan
kerja industri , Peningkatan hubungan kekeluargaan dan
koordinasi
Demi keterlaksanaan program
ini, maka diharapkan selalu ada koordinasi antara Staf Pimpinan sehingga
keserasian dan keterpaduan kegiatan dari masing-masing unit kerja akan
memperlancar dalam pencapaian tujuan sekolah.
B. SARAN
Mengingat bahwa Program Kerja ini sebagai pedoman, maka diharapkan kepada semua
warga sekolah terutama Ketua program dapat menjabarkan
program ini menjadi program yang operasional pada unit kerjanya masing-masing.
C. TINDAK LANJUT
Operasional pelaksanaan kegiatan yang diprogramkan ini
didasarkan pada situasi, kondisi dan kemampuan sekolah dengan memperhatikan
skala prioritas. Apabila kegiatan yang diprogramkan ini tidak dapat terlaksana,
maka akan diprogramkan lagi pada tahun berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar